Sisi lain menjelang Lebaran

Lebaran merupakan moment penting dalam masyarakat islam dimana setelah 1 bulan kita puasa menahan hawa nafsu lapar dan haus, di harapkan kita bisa menjadi pelatihan bagi umat yang bertaqwa untuk lebih baik dan saat lebaran menjadi suatu kemenangan bagi tiap umat islam yang menjalankan perintah alloh.
mungkin hal biasa yang bisa kita saat lebaran adalah mimik muka senang bisa memakai baju baru dan makanan enak, berkumpul bersama keluarga dan menikmati kebersamaan. Tidak heran bila menjelang lebaran orang-orang sibuk dengan membeli baju dan pernak-perniknya, membuat/membeli kueh,bolu,minuman ringan aneka rasa. Terkadang sampe lupa untuk berpuasa hanya untuk menyibukan diri dan kecapean mempersiapkan keperluan untuk lebaran.
Sisi lain yang saya lihat adalah fenomena miskin mendadak dari sebagian masyarakat, setidaknya itulah yang saya lihat di sekitar lingkungan, orang yang sebenarnya mampu bahkan berlebihan jadi seolah kurang mampu makan karena meminta dari rumah kerumah orang yang terbiasa membagikan zakat, Kemudian dengan bangganya memamerkan hasil meminta zakatnya. Entah karena ketidaktahuan atau memang budaya sampe sekarang saya tak habis pikir mereka berani meminta uang zakat yang jelas-jelas peruntukannya klo sudah seperti ini akan kontras dengan arti lebaran yang merupakan hari kemenangan dan hari untuk bersilaturahmi dengan orang-orang dan saudara di sekitar kita.
Mudah-mudahan kita termasuk orang yang selalu menjalankan perintah alloh dan menjauhi larangannya “Amin”