Informasi Seputar Autis Part 1

Interaksi dan komunikasi merupakan salah satu modal bagi seseorang untuk memperoleh berbagai informasi melalui lingkungan. Lingkungan sampai saat ini diyakini sebagai sumber yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan seseorang. Jika seseorang mengalami hambatan dalam interaksi dan komunikasi, diyakini orang tersebut akan mengalami hambatan dalam kegiatan belajarnya. Anak autis sebagai salah satu bagian dari anak berkebutuhan khusus mengalami hambatan pada keterampilan interaksi dan komunikasi. Keadaan ini diperburuk oleh adanya gangguan tingkah laku yang menyertai setiap anak autis, bahkan hambatan inilah yang paling mengganggu pada anak autis dalam melakukan interaksi dan komunikasi dengan lingkungannya.
Kompleksnya masalah yang dialami anak autis tidak hanya mengakibatkan hambatan dalam belajar tetapi juga dalam kehidupan sosial yang lebih luas. Meskipun demikian, tidak berarti anak autis tidak mempunyai potensi yang bisa dikembangkan. Meskipun prosentasinya kecil, diperkirakan kurang dari 20% dari populasi anak yang mengalami autis. Mereka memiliki potensi rata-rata bahkan ada yang di atas rata-rata. Tidak jarang diantara mereka ada yang bisa berhasil mencapai prestasi akademik tertinggi seperti anak pada umumnya yang tidak autis. Sedangkan sebagian besar lainnya membutuhkan upaya penanganan secara komprehensif melibatkan

autis

berbagai keahlian.
Upaya pendidikan yang dirancang secara khusus dibutuhkan keterlibatan ahli lain. Tentu saja kebutuhan ahli desesuaikan dengan tingkay hambatan dan kebutuhan yang diala

mi oleh setiap anak. Disinilah pentingnya dibangun kerja sama dan koordinasi berbagai pihak yang terkait dalam upaya penanganan anak. Oleh ka

rena itu dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan tentang peran dan fungsi tim penanganan yang komprehensif. Selain itu dengan pemahaman tersebut pada pendidikan dan dapat melakukan intervensi sedini mungkin agar masalah yang dialami anak tidak semakin kompleks. (Bersambung)
Daftar Pustaka

Sugiarmin, M. (2005). Individu dengan Gangguan Autisme. PLB UPI
Sugiarmin, M. (2007). Hambatan Perkembangan dan Belajar Anak Autis, BPG Diknas Jabar
Sugiarmin, M.,Dkk. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Autis. Diknas Jabar