Mengenal Kesulitan Belajar yang Khusus pada Anak ( Dislexia )

Disleksia/Dyslexia adalah gangguan kesukaran/kelambanan dalam membaca dan menulis pada anak-anak yang umumnya mempunyai tingkat kecerdasan rata-rata dan tidak berkaitan dengan hambatan neurologis, sensory dan unsur budaya. (Saltz, Friel, dan Rudegair, 1974).
Pengertian lain mengungkapkan kesukaran membaca merupakan kumpulan gejala (syndrome) ketidakmampuan anak yang sebenarnya mempunyai kecerdasan dalam belajar (Lyle dan Goyen, 1969).
Jadi, pengertian kesukaran membaca memilki 4 makna :
1. Tingkat kecepatan yang rendah sekali (lamban) dalam membaca
2. Pembendaharaan kata yang terbatas
3. Kegagalan menguasai proses dasar baca seperti sukar memahami lambang huruf-huruf dan juga bunyi huruf.
4. Tidak mengerti apa yang dibaca.

Penyebabnya
secara umum bisa jadi dari genetika, namun penyebab lain yang tidak umum adalah cedera pada kepala atau trauma. Beberapa anak dyslexia ternyata memproses informasi menggunakan area yang berbeda pada otak dibanding anak-anak tanpa kesulitan belajar. Walaupun begitu, ini bukan merupakan karakteristik pada semua anak dyslexia. Beberapa type dyslexia bisa menunjukkan perbaikan sejalan bertambahnya usia anak.

Ciri-ciri Dislexia/Disleksia
1. Membaca dengan sangat lamban dan enggan.
2. Menyusuri teks pada halaman buku menggunakan jari telunjuk.
3. Mengabaikan suku kata, kata-kata dan frase atau bahkan baris teks.
4. Menambahkan kata-kata atau frase yang tidak ada dalam frase.
5. Membalik urutan huruf atau suku kata dalam sebuah kata.
6. Salah dalam menghafalkan kata-kata termasuk kata-kata yang sudah dikenal.
7. Mengganti satu kata dengan kata lain, meskipun kata yang digantikan tidak mempunyai arti dalam kompleksnya.
8. Menyusun kata-kata yang tidak mempunyai arti.
9. Mengabaikan tanda baca.

Identifikasi dyslexia mungkin sangat sulit dilakukan sebagai orang tua atau guru di kelas. Namun orang tua dan guru bisa melihat beberapa tanda dan gejala dyslexia, dan bisa mencari pendapat dan evaluasi dari ahli profesional/terapis yang tepat.