Mengenal Tanaman di sekitar kita “Urang-Aring”

Tanaman urang-aring

Tanaman urang-aring

Tanaman urang-aring ini sangat banyaaaak sekali di halaman rumah dan cepat bertunas, bila dilihat seperti gulma tumbuh disembarang tempat padahal tanaman ini sangat dikenal akan khasiat dan kegunaan karena kandungan zat dalam urang aring. Dalam ilmu pengobatan India, urang aring diyakini memiliki khasiat panjang usia dan awet muda. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa tumbuhan urang aring memiliki daya pengobatan terhadap gangguan hati (hepar) dan lambung.
Urang aring menghasilkan zat Ecliptine (pewarna hitam) sehingga cairan sarinya digunakan untuk menghitamkan rambut dan membuat tato. Pada umumnya unsur zat ecliptine untuk menghitamkan rambut serta juga untuk mendinginkan kulit kepala dan menjaga agar rambut tetap Hitam berkilau
Khasiat Urang Aring:
Mengobati muntah darah, mimisan, kencing darah, berak darah, hepatitis, diare, perdarahan rahim, kurang gizi, keputihan, ubanan pada usia muda, kutu air, mengatasi serangan hewan berbisa seperti sengatan kalajengking atau gigitan ular.
Berikut resep tradisional urang aring untuk menyembuhkan beberapa penyakit:
Untuk Gusi bengkak: Ambil daun urang-aring segar, kemudian dipanggang sampai kering. Lalu jadikan bubuk melalui pengolahan. Oleskan bubuk tersebut ke tempat yang sakit.

Penyubur rambut: Satu genggam daun urang-aring dilumatkan, ditambah air 2 gelas, saring. Air saringan tersebut diembunkan satu malam. Basahi kulit kepala sambil dipijat-pijat, sehari sekali.
Koreng di kepala: Daun urang-aring secukupnya direbus, airnya untuk cuci kepala, ampasnya digosokkan ke koreng. Atau daun segar dilumatkan, air perasannya dioleskan ke koreng.
Mimisan: Ambil satu genggam daun urang-aring segar, dicuci. Kemudian dilumatkan, peras. Air perasannya ditambah 5 slokiair putih, ditim supaya panas. Minum sehari 2 kali, sesudah makan.

4 thoughts on “Mengenal Tanaman di sekitar kita “Urang-Aring”

  1. Maskur mengatakan:

    taunya kalo udah jadi shampoo

  2. orong-orong mengatakan:

    baru tau gan kalau bentuknya seperti itu

Komentar ditutup.